Menghitung bilangan bacaan dzikir dengan manik-manik


     Ketika berdzikir, tidak mengapa menghitung bilangan bacaan tasbih dengan biji-bijian, manik-manik  atau lain-lainnya.
روي عن سعد بن أبي وقاص: أنه دخل مع رسول الله صلى الله عليه وسلم على امرأة وبين يديها نوى أو حصى تُسبح به فقال: أُخبرك بما هو أيسر عليك من هذا أو أفضل، سبحان الله عدد ما خلق في السماء، وسبحان الله عدد ما خلق في الأرض، وسبجان الله عدد ما بين ذلك، وسبحان الله عدد ما هو خالق، والله أكبر مثل ذلك، و الحمد لله مثل ذلك، ولا إله إلا الله مثل ذلك، ولا حولا ولا قوة إلا بالله مثل ذلك. رواه أبو داود والترمذي بإسناد ضعيف وحسنه الترمذي
Diriwayatkan dari sa’ad bin abi waqosh: Bahwa dia (sa’ad) masuk bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam untuk menemui seorang wanita, dan diantara kedua tangan wanita tersebut ada biji-bijian atau kerikil yang dia gunakan untuk bertasbih, kemudian Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: aku akan mengabarkanmu sesuatu yang lebih mudah bagimu dari pada ini/atau yang lebih utama, dan seterusnya ... . HR. Abu dawud, at-tirmidzi dengan sanad yang lemah dan di-hasan-kan oleh at-tirmidzi.
وعن صفية قالت: دخل عليّ رسول الله صلى الله عليه وسلم وبين يديّ أربعة آلاف نواةٍ أُسبّح بها فقال: لقد سبّحتَ بهذا، ألاّ أُعلمك بأكثر مما سبحت به؟ فقالت: علِّمني، فقال: قولي سبحان الله عدد خلقه. رواه الترمذي بإسناد ضعيف
Dan dari shofiyyah, ia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam masuk menemuiku, sedang diantara kedua tanganku ada empat ribu biji-bijian yang aku gunakan untuk bertasbih, lalu Beliau bersabda: engkau bertasbih dengan ini, maukah kau aku ajarkan dengan sesuatu yang nilainya lebih banyak dari tasbihmu ini? aku menjawab: tentu, ajarkanlah aku, Beliau bersabda: ucapkanlah, subhanalloh ‘adada khalqihi (Maha Suci Allah Sebanyak bilangan makhlukNya). HR. At-Tirmidzi dengan sanad yang dho’if.
Dan diriwayatkan dari ibnu mas’ud, bahwa dia me-makruh-kannya, sedang as-suyuthi berkata dalam fatwanya: tidak ada riwayat sama sekali dari kalangan salaf maupun kholaf yang melarang atas diperbolehkannya menghitung bilangan tasbih dengan manik-manik, bahkan kebanyakan mereka menghitungnya dengannya, dan mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak makruh.
     Akan tetapi dari hal tersebut, bahwa yang lebih utama adalah menghitungnya dengan jari-jari tangannya.
روي عن عبد الله بن عمرو قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يعقد التسبيح. قال ابن قدامة: بيمينه. رواه أبو داود بإسناد صحيح
Diriwayatkan dari abdulloh bin ‘amrin, dia berkata: Aku melihat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam menghitung tasbih. Berkata ibnu qudamah: dengan tangan kananNya. HR. Abu dawud.
وعن يسيرة أخبرتها: أن النبي صلى الله عليه وسلم أمرهن أن يراعين بالتكبير والتقديس والتهليل وأن يعقدن بالأنامل فإنهن مسئولات مستنطقات. رواه أبو داود والترمذي، وقال الترمذي: هذا حديث حسن غريب.
Dan dari yasiroh, ia mengkhabarkan: Bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam memerintahkan kepada mereka (para wanita) untuk menjaga takbir, tasbih dan tahlil, dan supaya menghitungnya dengan jari jemarinya, karena sesungguhnya mereka akan ditanya dan akan diajak bicara. HR. Abu dawud dan at-Tirmidzi.

Wallohu a’lam.