Ketika menjelang waktu sholat, sebelum dikumandangkan adzan, di negeri kita ini kita sering mendengar dilantunkannya ucapan ashsholatu wassalamu ‘alaik ..., ya rosulalloh ..., dan seterusnya, melalui pengeras-pengeras suara, yang rata-rata dengan menggunakan kaset rekaman tapi ada juga yang langsung dari suara seseorang. Masyarakat kita biasa menyebutnya dengan istilah tarkhim, shighotnya bermacam-macam, yang termasyhur diantaranya yaitu;
الصّلاة والسّلام عليك
يا إمام المجاهدين
يا رسول الله.
الصّلاة والسلام عليك
يا ناصر الهدى
يا خير خلق الله.
الصّلاة والسّلام عليك
يا ناصر الحقّ
يا رسول الله.
الصّلاة والسّلام عليك
يا من أسرى بك المهيمن ليلا نلت ما نلت والأنام نيام
وتقدّمت للصّلاة فصلّى كلّ من في السّماء وأنت الإمام
وإلى المنتهى رفعت كريما وسمعت النّداء عليك السلام
يا كريم الأخلاق
يا رسول الله
صلّى الله عليك
وعلى آلك وأصحابك أجمعين.
juga shighot;
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاهك يا الله.
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاه سيّدنا محمد صلى الله عليه وسلّم.
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاه سيّدنا أبي بكر الصدّيق رضي الله عنه.
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاه سيّدنا عمر ابن الخطّاب رضي الله عنه.
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاه سيّدنا عثمان ابن عفان رضي الله عنه.
يا أرحم الرّاحمين إرحمنا (x3)
وعافنا واعف عنّا وعلى طاعتك وشكرك أعنّا
يا حيّ يا قيّوم بجاه سيّدنا عليّ ابن أبي طالب رضي الله عنه
وعن كلِّ الصّحابة والقرابة أجمعين.
ومن أحسن قولا ممّن دعا غلى الله وعمل صالحا وقال إنني من المسلمين.
إن الله فالق الحبّ والنّوى يخرج الحيّ من الميّت ومخرج الميّت من الحيّ ذلكم الله فأنى تؤفكون، فالق الإصباح وجعل الليل سكنا والشّمس والقمر حسبانا ذلك تقدير العزيز العليم، وهو الذي جعل لكم النجوم لتهتدوا بها في ظلمات البر والبحر قد فصلنا الآيات لقوم يعلمون، وهو الذي أنشأكم من نفس واحدة فمستقر ومستودع قد فصلنا الآيات لقوم يفقهون.
أقم الصلاة لدلوك الشمس إلى غسق الليل وقرآن الفجر إن قرآن الفجر كان مشهودا، ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا.
قل ادعوا الله أو ادعوا الرحمن أيا ما تدعوا فله الأسماء الحسنى ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها وابتغ بين ذلك سبيلا، وقل الحمد لله الذي لم يتخذ ولدا ولم يكن له شريك في الملك ولم يكن له ولي من الذل وكبره تكبيرا.
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حولا ولا قوّة إلا بالله العليّ العظيم، اللّهمّ صلِّ على سيِّدنا محمّد وعلى آله وصحبه وسلِّم يا كريم.
atau terkadang hanya alinea terakhir ini saja yang dibaca, dan masih banyak lagi macam-macam shighot nya, terlebih lagi yang dibaca menjelang waktu shubuh, bisa dilihat dalam buku-buku kumpulan sholawat.
Para ahlulilm telah sepakat bahwa hal tersebut merupakan perkara baru, yang asal mulanya adalah dari disunnahkannya mengucapkan sholawat bagi seorang mu’adzdzin dan yang mendengarkan adzan setelah selesai adzan dan sebelum berdo’a, dan ini telah kami sebutkan dalam postingan sebelumnya, kemudian terjadi penambahan-penambahan.Syeikh Sulaiman al-Jamal dan lainnya telah menceritakan bahwa yang pertama kali mengadakan penambahannya adalah di zaman sultan almanshur haji bin alasyrof sya’ban bin alhasan bin Muhammad bin qolawun, salah seorang raja dari daulah mamalik yang menguasai mesir dan syam, atas perintah pengawas kerajaan yaitu najmuddin ath-thunbady, hal tersebut terjadi pada bulan sya’ban tahun 761 hijriyyah, dan dibaca diatas mimbar-mimbar setelah selesai adzan. Sebelum itu di zaman sultan sholahuddin bin ayyub dibaca sebelum adzan subuh dengan bacaan: السلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم, ini terus berjalan hingga tahun 766, kemudian atas perintah pengawas sholahuddin alburullusy untuk menambahkan: الصلاة والسلام عليك يا رسول الله, dan dijadikan setelah adzan, kemudian ditambah lagi dengan salam kepada para khulafa’urrosyidin rodhiyallohu ajma’in, akan tetapi kemudian sultan sholahuddin menggantinya lagi dengan: الصلاة والسلام عليه صلى الله عليه وسلم, dan dibaca setelah selesai adzan kecuali waktu maghrib karena sempitnya.
Bermacam amalan ini terus berlanjut hingga dizaman kita sekarang ini, kemudian dengan dicetak dan diterbitkannya maka tersebar luas ke seluruh pelosok negeri islam, terlebih lagi setelah ada kaset rekaman dari para qori’ mesir seperti syeikh Mahmud alHushory, syeikh Abdulbasith Abdushshomad dan lainnya di tahun 50/60an.
Para Ahlulilm bersepakat atas sunnahnya mengucapkan sholawat setelah adzan, dengan shighot yang benar, akan tetapi mereka berbeda pendapat tentang penambahannya, dan mayoritas dari mereka menganggap baik amalan ini, sebagian lagi menganggap bahwa ini merupakan penyimpangan. Sedang dibacanya sebelum adzan, dan ini yang umum dilakukan oleh orang-orang di negeri kita, maka ini adalah merupakan bid’ah dan menyelisihi sunnahnya, ketika ibnu ziyad ditanya tentang amalan seperti ini, beliau menjawab: maka aku belum pernah melihat sama sekali yang tersebut. Dan inilah yang di pegang dan di amalkan oleh para Masyayikh kami di Ringinagung. Sebagian Ashab kami menganjurkannya sebagaimana yang mereka ceritakan dari al-Bakry dengan mengqiyaskannya setelah adzan, akan tetapi menurut kami qiyas ini kurang tepat, wallohu a’lam.
oleh: ibnu muzani aljalawi
oleh: ibnu muzani aljalawi