Istilah rojabiyyah ini biasa orang
menyebutnya untuk kegiatan-kegiatan dalam menyambut bulan rojab, orang jawa
menyebutnya dengan rejeban, sedang para ‘ulama mengkhususkan atas sembelihan
yang dilaksanakan dalam bulan tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan dengan
melaksanakan puasa, membuat makanan sebagai sedekah, ada juga yang melaksanakan
sholat rojab yang disebut juga sebagai sholat rogho’ib, dan puncaknya pada
tanggal dua puluh tujuh untuk menyambut isro’ dan mi’roj-Nya Nabi Shollallohu
‘alaihi wasallam, biasanya dengan menggelar syi’ar-syi’ar berupa pengajian
akbar dan arak-arakan. Bagaimana sebenarnya tentang hal tersebut, insyaAlloh
kali ini kita akan mengkajinya secara ringkas.
Dahulu orang arob
sangat mengagungkan bulan rojab, mereka membuka pintu ka’bah selama sebulan
penuh, diharomkan berperang dalam bulan tersebut, sebagian dari mereka ada yang
melakukan puasa, kemudian mereka membuat sembelihan dalam bulan tersebut yang
mereka jadikan persembahan kepada berhala-berhala mereka, sembelihan tersebut
disebut dengan ‘atiroh, sedang sembelihan yang dilakukan pada sepuluh hari
pertama biasa disebut dengan rojabiyyah, mereka melakukan semua hal tersebut
pada tiap tahunnya dan menjadikannya sebagai hari raya.
Kemudian setelah datangnya islam, semua
kegiatan tersebut dihapus dengan hanya ada puasa saja, karena itu tidak ada
ibadah-ibadah khusus dalam bulan tersebut, apakah itu sholat, bacaan-bacaan,
do’a-do’a, sholawat keatas Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, menyembelih hewan
dan menjadikannya sebagai hidangan, maupun menghidupkan malam-malamnya dengan
penerang dan berbagai kegiatan dan menjadikannya sebagai sebuah keramaian dan
perayaan, apalagi pada tanggal yang kedua puluh tujuh, menjadikan dirinya lebih
tekun beribadah dari pada hari-hari lainnya.
وروي عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم: لا فرع ولا عتيرة. متفق عليه
Telah
diriwayatkan dari abi huroiroh, dia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi
wasallam bersabda: Tidak ada faro’ dan ‘atiroh (dalam islam). Muttaq ‘alaih
Sedang
arti faro’ adalah sembelihan yang dilakukan ketika salah satu binatang ternak
lainnya beranak agar supaya berkah.
Adapun
do’a yang biasa diamalkan dalam bulan rojab;
وروي عن أنس رضي الله عنه،
قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل رجب قال: اللهم بارك لنا في رجب وشعبان
, وبلغنا رمضان. رواه البيهقي في الدعوات الكبير بإسناد ضعيف
Telah diriwayatkan dari anas rodhiyallohu
‘anh, dia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam ketika
memasuki bulan rojab biasa mengucapkan: Ya Alloh berkahilah kami dalam bulan
rojab dan sya’ban, dan temukan kami dengan bulan romadhon. HR. albaihaqi dalam
adda’awatul kabir dengan sanad dho’if.
Albukhori berkata: hadits
munkar.
Abu hatim dan ibnu hibban
berkata: Tidak boleh berhujjah dengan hadits ini.
Mengkhususkan waktu-waktu
tertentu dengan berbagai macam ibadah adalah dilarang, termasuk dalam bulan
rojab ini, annawawi telah mengqiyaskannya dengan larangan mengkhususkan malam
jum’at lebih tekun dibanding dengan hari-hari lain sesamanya,
روي عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي
صلى الله عليه وسلم، قال: لا تختصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي. رواه مسلم
Artinya: Telah diriwayatkan
dari abi huroiroh, dari Nabi Shollallohu alaihi wasallam, Beliau bersabda:
Janganlah kalian mengkhususkan malam jum’at dengan ibadah dari pada malam-malam
lainnya. HR. Muslim
Ibnush sholah berkata:
Malam-malamnya tidak lebih utama dibanding dengan malam-malam biasa lainnya.
Beliau berkata lagi: Adapun yang dilakukan orang-orang dengan menjadikan malam
nishfu sya’ban dan malam rogho’ib (pada bulan rojab) sebagai aktifitas tahunan
dan menjadikannya sebagai sarana syi’ar, maka itu semua adalah bid’ah yang
harus diingkari.
Riwayat-riwayat tentang keutamaan bulan
rojab adalah bohong belaka, karena itu jangan sampai kita tertipu dengan
penyebutannya dalam buku-buku yang beredar maupun dari sebagian lisan para
penceramah, ibnu hajar al-asqolani telah mengumpulkan hadits-hadits tentang
keutamaannya dan membahasnya panjang lebar dalam kitab tersendiri yang beliau
beri nama “tabyinul ‘ujub bima waroda fi fadhli rojab”, kami anjurkan untuk
menyimaknya dan mengambil faidah darinya.
Sholat rojab
Sholat rojab banyak macamnya, yang paling
masyhur adalah yang dilakukan pada malam jum’at pertama yang disebut dengan
sholat rogho’ib, hal tersebut sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah riwayat
berikut;
روي عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم: رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي، قيل يا رسول الله ما
معنى قولك شهر الله؟ قال: لأنه مخصوص بالمغفرة، وفيه تحقن الدماء، وفيه باب الله
تعالى على أنبيائه، وفيه أنقذ أولياءه من يد أعدائه، ومن صامه استوجب على الله
تعالى ثلاثة أشياء: مغفرة لجميع ما سلف نت ذنوبه، وعصمة فيما بقي من عمره، وأما
الثالث فيأمن العطش يوم العرض الأكبر، فقام شيخ ضعيف فقال: يا رسول الله إني أعجز
عن صيامه كله، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صم أول يوم منه وأوسطه يوم فيه
وآخر يوم منه، فإنك تعطى ثواب من صامه كله، فإن الحسنة بعشر أمثالها، ولكن لا
تغفلوا عن أول ليلة جمعة في رجب، فإنها ليلة تسميها ليلة الرغائب، وذلك أنه إذا
مضى ثلث الليل لا يبقى ملك في جميع السموات والأرضين إلا ويجتمعون في الكعبة
وحواليها، فيطلع الله تعالى عليهم اطلاعة فيقول: ملائكتي سلوني ما شئتم، فيقولون:
ربنا حاجتنا أن تغفر لصوّام رجب، فيقول الله تعالى: قد فعلت ذلك، ثم قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم: فما من أحد يصوم يوم الخميس أول خميس في رجب، ثم يصلى فيما
بين المغرب والعشاء العتمة يعني ليلة الجمعة اثنتى عشرة ركعة، يقرأ في كل ركعة
بفاتحة الكتاب مرة، وإنا أنزلناه في ليلة القدر ثلاث مرات، وقل هو الله أحد اثنتى
عشرة مرة، يفصل بين كل ركعتين بتسليمة، فإذا فرغ من صلاته صلى عليّ سبعين مرة
يقول: اللهم صلّ على محمد النبيّ الأميّ وعلى آله وسلم، ثم يسجد سجدة يقول في
سجوده: سبوح قدوس ربّ الملائكة والروح سبعين مرة، ثم يسجد الثانية فيقول فيها مثل
ما قال في السجدة الأولى، ثم يسأل الله حاجته في سجوده، فإنها تقضى؛ والذي نفسي
بيده ما من عبد ولا أمة صلى هذه الصلاة إلا غفر الله له جميع ذنوبه ولو كانت مثل
زبد البحر وعدد الرمل ووزن الجبال، وعدد قطر الأمطار وورق الأشجار، وشفع يوم
القيامة في سبعمائة من أهل بيته، فإذا كان أول ليلة في قبره جاءه ثواب هذه الصلاة
بوجه طلق ولسان ذلق، فيقول له: يا حبيبي أبشر فقد نجوت من كل شدة، فيقول من أنت؟،
فو الله ما رأيت رجلا أحسن وجها من وجهك ولا سمعت كلاما أحلى من كلامك، ولا شممت
رائحة أطيب من رائحتك فيقول له: يا حبيبتي أنا ثواب تلك الصلاة التي في ليلة كذا
في شهر كذا في سنة كذا، جئت الليلة لأقضى حاجتك وأونس وحدتك وأدفع عنك وحشتك، فإذا
نفخ في الصور أظللتك في عرصات القيامة على رأسك، فأبشر فلن تعدم الخير من مولاك
أبدا. رواه ابن الجوزي في الموضوعات، وقال العراقي: أورده رزين في كتابه وهو
حديث موضوع.
Dalam riwayat diatas
dijelaskan bahwa sholat tersebut dilakukan pada waktu setelah sholat maghrib,
sebanyak dua belas roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah, kemudian
alqodar tiga kali dan al-ikhlash dua belas kali, setiap dua roka’atnya
melakukan salam, setelah selesai kemudian membaca sholawat tujuh puluh kali dan
melakukan sujud sebanyak dua kali.
Sedang albaihaqi dalam
syu’ab-nya meriwayatkan bahwa sholat tersebut dilakukan sebanyak dua belas
roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah dan satu surat dari alqur’an,
setiap dua roka’atnya melaksanakan tasyahhud dan salam, kemudian setelah
selesai sholat membaca tasbih seratus kali, istighfar seratus kali, sholawat
seratus kali dan ditutup dengan do’a, kemudian paginya berpuasa.
Abu syamah mengatakan: Sholat
tersebut disebut rogho’ib (harapan) karena persangkaan pengamalnya atas pahala
yang akan didapat, disebut juga dengan alfiyah (ribuan) karena pada waktu
sholat tersebut membaca surat ikhlash sebanyak seribu kali.
Ibnul jauzi dalam almaudhu’at-nya juga
menyebutkan sholat rojab dalam bentuk lain, yaitu dilaksanakan dengan tiga
puluh roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah, alikhlash tiga kali dan
alkafirun tiga kali. Tiga puluh roka’at ini dibagi tiga, sepuluh rokaat
dilaksanakan diawal bulan, sepuluh rokaat ditengah bulan dan sepuluh rokaat
diakhir bulan.
Sedang lainnya diriwayatkan
dari ibnu ‘abbas, bahwa beliau pada tanggal dua puluh tujuh, setelah sholat
dzuhur, melaksanakan sholat empat dan setiap rokaatnya membaca alfatihah
sekali, alfalaq dan annas sekali-sekali, alqodr tiga kali, dan alikhlash lima
puluh kali.
Mayoritas ahli hadits me-maudhu’-kan
seluruh riwayat-riwayat tentang sholat rojab dan menetapkannya sebagai bid’ah
yang munkar, hal ini dijelaskan oleh ath-thurthusi dari kalangan madzhab maliki
dalam kitabnya alhawadits wal bida’, ibnul jauzi dalam almaudhu’at dan ibnu
taimiyyah dalam fatawa-nya dari kalangan hanabilah, ibnush sholah dan ibnu
‘abdus salam dalam kedua fatawa mereka, abu syamah dalam alba’its, annawawi
dalam majmu’-nya, assubki dalam taqyidut tarojih dan mayoritas generasi akhir
dari kalangan ashhab kita syafi’iyyah dalam kebanyakan kitab mereka, juga
alburhan alhalabi dalam syarh almuniyyah dari kalangan ahnaf, dan masih banyak
lagi lainnya. Ath-thurthusi menceritakan dari abu Muhammad almaqdisi yang
mengatakan: Hal tersebut kami lakukan pertama kali di baitul maqdis pada tahun
empat ratus delapan puluh.
Puasa rojab
Sedang yang disyari’atkan dalam bulan rojab
tersebut adalah puasa, karena rojab merupakan bulan-bulan yang
dimuliakan/asyhurul hurum atau juga yang diharomkan berperang didalamnya sebagaimana
telah kami katakan bahwa larangan ini telah dilakukan oleh orang-orang semenjak
dimasa jahiliyah.
روي عن مُجيبة الباهلية عن أبيها - أو عمها -: أنه
أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم انطلق فأتاه بعد سنة وقد تغيَّرت حاله
وهيئته، فقال: يا رسول الله أما تَعرفُني؟ قال: ومن أنت؟ قال: أنا الباهليّ الذي
جئتك عامَ الأول، قال: فما غيَّر، وقد كنتَ حسنَ الهيئة؟ قلت: ما أكلتُ طعاما منذ
فارقتك إلا بليل! فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لِمَ عذَّبت نفسك؟ ثم قال:
صم شهر الصبر ويوما من كل شهر، قال: زدني فإن بي قوة، قال: صم يومين، قال: زدني،
قال: صم ثلاثة أيام، قال: زدني، قال: صم من الحُرم واترك، صم من الحرم واترك، صم من
الحرم واترك، وقال بأصابعه الثلاثة فضمها ثم أرسلها. رواه أبو داود وابن ماجة
بإسناد ضعيف
Artinya:
Diriwayatkan dari mujibah albahiliyah, dari bapaknya atau pamannya, bahwa suatu
ketika dia mendatangi Rosululloh
Shollallohu ‘alaihi wasallam kemudian pergi, setelah setahun berlalu dia
mendatangi Beliau lagi dengan keadaan yang telah berubah, kemudian dia
bertanya: wahai Rosulalloh, apakah engkau mengenalku? Rosululloh balek
bertanya: siapa engkau? Dia menjawab: aku adalah albahili yang pernah
menemui-Mu setahun yang lalu, Rosululloh bertanya: kenapa engkau berubah,
engkau dulu bagus? Dia menjawab: semenjak berpisah dengan-Mu, aku tidak memakan
makanan selain pada malam hari! Kemudian Rosululloh Shollallohu ‘alaihi
wasallam bertanya lagi: kenapa engkau menyiksa dirimu? Kemudian Beliau berkata:
berpuasalah pada bulan kesabaran dan dua hari pada tiap bulannya, dia berkata:
tambahkanlah, sesungguhnya aku masih kuat, Beliau menjawab: puasalah dua hari,
dia berkata: tambahkanlah, Beliau menjawab: puasalah tiga hari, dia berkata:
tambahkanlah, beliau menjawab: puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan
tinggalkanlah, puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan tinggalkanlah,
puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan tinggalkanlah, Beliau berkata
dengan (menunjukkan) tiga dari jarinya, kemudian menggenggamnya, baru kemudian
melepaskannya. HR. Abu dawud dan ibnu majah dengan sanad dho’if.
Hadits
ini adalah dho’if, akan tetapi para ashhab syaf’iyyah menganjurkannya untuk
diamalkan sebagai sebuah keutamaan, juga dikuatkan dengan riwayat-riwayat lain
yang bersifat khusus.
Bulan-bulan
yang dimuliakan tersebut adalah dzulqo’dah, dzulhijjah, muharrom dan rojab,
روي عن أبي بكرة عن النبي صلى الله عليه وسلم
قال: أربعةٌ حُرمٌ: ثلاثة متواليات - ذو القعدة وذو الحجّة والمحرّم - ورجب
مُضرّ، الذي بين جمادى وشعبان. رواه البخاري
Artinya: Diriwayatkan dari
abu bakroh, dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, Beliau bersabda: Empat yang
dimuliakan; tiga berturut-turut, yaitu dzulqo’dah, dzulhijjah dan
muharrom, (kemudian) rojabnya (bani)
mudhor, yaitu (bulan) diantara jumada dan sya’ban. HR. Bukhori
Maksud rojabnya mudhor,
karena bani mudhor lebih memuliakan bulan rojab dibanding suku-suku lainnya.
Menuru abul mahasin arroyani
dalam albahr bahwa yang lebih utama adalah rojab, akan tetapi ini dibantah oleh
annawawi bahwa menurut beliau yang paling utama adalah muharrom baru kemudian
rojab, sebagaimana dijelaskan dalam hadits shohih;
روي عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم: أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرّم. رواه مسلم.
Artinya: Diriwayatkan dari
abu huroiroh, dia berkata: Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:
Puasa yang paling utama setelah romadhon adalah bulan Alloh yaitu muharrom. HR.
Muslim
Adapun riwayat-riwayat yang khusus berisi
anjuran untuk puasa rojab, semuanya adalah lemah, diantaranya;
روي عن أبي هريرة: أن رسول الله صلى الله
عليه وسلم لم يصم بعد رمضان إلا رجب وشعبان. رواه البيهقي في شعبه وضعفه
Artinya:
Diriwayatkan dari abu huroiroh: Sesungguhnya Rosululloh Shollallohu ‘alaihi
wasallam setelah romadhon tidak berpuasa kecuali pada bulan rojab dan sya’ban.
HR. Albaihaqi dalam syu’abnya dan didho’ifkannya.
Selebihnya
lagi adalah hadits-hadits munkar dalam periwayatannya, para perowinya majhul
dan dho’if, begitu pula larangan akan puasa rojab, yaitu;
روي عن ابن عباس: أن النبي صلى الله عليه
وسلم نهى عن صيام رجب. رواه ابن ماجة بإسناد ضعيف.
Artinya: Diriwayatkan dari
ibnu ‘abbas bahwa Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam melarang puasa rojab. HR.
Ibnu majah dengan sanad dho’if.
Dan diriwayatkan dari abu
bakr, ‘umar dan anaknya abdulloh, mereka tidak menyukai puasa rojab karena itu
merupakan pengagungan orang jahiliah terhadap bulan rojab, akan tetapi asysyaukani
membantah riwayat tersebut dengan mengatakan: Tidak ada dalil yang menunjukkan
atas kemakruhannya sehingga ada dalil yang mengkhususkannya.
Ketika melaksanakan puasa rojab, tidak ada
hari-hari yang ditentukan, apakah sedikit ataukah banyak, kalaulah banyak maka
itu lebih utama. Diriwayatkan dari ‘umar, ibnu ‘umar dan ibnu ‘abbas, bahwa
mereka tidak menyukai melaksanakan puasa selama sebulan penuh, dan iki
dikatakan oleh ahmad, hal tersebut sebagaimana dalam sebuah riwayat;
روي عن عثمان ابن حكيم، قال: سألت سعيد بن جبير
عن صيام رجب، فقال: أخبرني ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصوم
حتى نقول لا يُفطر، ويفطر حتى نقول لا يصوم. رواه مسلم، ورواه البخاري بغير
لفظ السؤال.
Artinya: Diriwayatkan dari
utsman bin hakim, dia berkata: aku bertanya kepada sa’id bin jubair tentang
puasa rojab, kemudian dia menjawab: ibnu ‘abbas telah mengkhabarkan kepadaku
bahwa Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam melaksanakan puasa sehingga kami
katakan (bahwa) Beliau tidak berbuka, dan Beliau berbuka sehingga kami katakan
(bahwa) Beliau tidak berpuasa. HR. Bukhori-Muslim, ini lafadznya Muslim.
Adapun riwayat-riwayat yang
menjelaskan keutamaan dari tiap harinya dari bulan rojab adalah semuanya palsu,
seperti;
روي عن أنس يقول: قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم: إن في الجنة نهرا يقال له رجب أشد بياضا من اللبن وأحلى من العسل، من صام من
رجب يوما سقاه الله من ذلك النهر.
وعنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
من صام يوما من رجب كان كصيام سنة ومن صام سبعة أيام غلقت عنه سبعة أبواب جهنم
......
albaihaqi mengatakan dari
imam ahmad: Aku mempunyai hadit lain yang menjelaskan tiap harinya dari bulan
rojab, dan haditsnya adalah maudhu’, karena itu aku tidak meriwayatkannya.
Demikian, wallohu a’lam.