Rojabiyah

     Istilah rojabiyyah ini biasa orang menyebutnya untuk kegiatan-kegiatan dalam menyambut bulan rojab, orang jawa menyebutnya dengan rejeban, sedang para ‘ulama mengkhususkan atas sembelihan yang dilaksanakan dalam bulan tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melaksanakan puasa, membuat makanan sebagai sedekah, ada juga yang melaksanakan sholat rojab yang disebut juga sebagai sholat rogho’ib, dan puncaknya pada tanggal dua puluh tujuh untuk menyambut isro’ dan mi’roj-Nya Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, biasanya dengan menggelar syi’ar-syi’ar berupa pengajian akbar dan arak-arakan. Bagaimana sebenarnya tentang hal tersebut, insyaAlloh kali ini kita akan mengkajinya secara ringkas.
     Dahulu orang arob sangat mengagungkan bulan rojab, mereka membuka pintu ka’bah selama sebulan penuh, diharomkan berperang dalam bulan tersebut, sebagian dari mereka ada yang melakukan puasa, kemudian mereka membuat sembelihan dalam bulan tersebut yang mereka jadikan persembahan kepada berhala-berhala mereka, sembelihan tersebut disebut dengan ‘atiroh, sedang sembelihan yang dilakukan pada sepuluh hari pertama biasa disebut dengan rojabiyyah, mereka melakukan semua hal tersebut pada tiap tahunnya dan menjadikannya sebagai hari raya.
     Kemudian setelah datangnya islam, semua kegiatan tersebut dihapus dengan hanya ada puasa saja, karena itu tidak ada ibadah-ibadah khusus dalam bulan tersebut, apakah itu sholat, bacaan-bacaan, do’a-do’a, sholawat keatas Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, menyembelih hewan dan menjadikannya sebagai hidangan, maupun menghidupkan malam-malamnya dengan penerang dan berbagai kegiatan dan menjadikannya sebagai sebuah keramaian dan perayaan, apalagi pada tanggal yang kedua puluh tujuh, menjadikan dirinya lebih tekun beribadah dari pada hari-hari lainnya.
وروي عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا فرع ولا عتيرة. متفق عليه
Telah diriwayatkan dari abi huroiroh, dia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: Tidak ada faro’ dan ‘atiroh (dalam islam). Muttaq ‘alaih
Sedang arti faro’ adalah sembelihan yang dilakukan ketika salah satu binatang ternak lainnya beranak agar supaya berkah.
Adapun do’a yang biasa diamalkan dalam bulan rojab;
وروي عن أنس رضي الله عنه، قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل رجب قال: اللهم بارك لنا في رجب وشعبان , وبلغنا رمضان. رواه البيهقي في الدعوات الكبير بإسناد ضعيف
Telah diriwayatkan dari anas rodhiyallohu ‘anh, dia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam ketika memasuki bulan rojab biasa mengucapkan: Ya Alloh berkahilah kami dalam bulan rojab dan sya’ban, dan temukan kami dengan bulan romadhon. HR. albaihaqi dalam adda’awatul kabir dengan sanad dho’if.
Albukhori berkata: hadits munkar.
Abu hatim dan ibnu hibban berkata: Tidak boleh berhujjah dengan hadits ini.
Mengkhususkan waktu-waktu tertentu dengan berbagai macam ibadah adalah dilarang, termasuk dalam bulan rojab ini, annawawi telah mengqiyaskannya dengan larangan mengkhususkan malam jum’at lebih tekun dibanding dengan hari-hari lain sesamanya,
روي عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: لا تختصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي. رواه مسلم
Artinya: Telah diriwayatkan dari abi huroiroh, dari Nabi Shollallohu alaihi wasallam, Beliau bersabda: Janganlah kalian mengkhususkan malam jum’at dengan ibadah dari pada malam-malam lainnya. HR. Muslim
Ibnush sholah berkata: Malam-malamnya tidak lebih utama dibanding dengan malam-malam biasa lainnya. Beliau berkata lagi: Adapun yang dilakukan orang-orang dengan menjadikan malam nishfu sya’ban dan malam rogho’ib (pada bulan rojab) sebagai aktifitas tahunan dan menjadikannya sebagai sarana syi’ar, maka itu semua adalah bid’ah yang harus diingkari.
     Riwayat-riwayat tentang keutamaan bulan rojab adalah bohong belaka, karena itu jangan sampai kita tertipu dengan penyebutannya dalam buku-buku yang beredar maupun dari sebagian lisan para penceramah, ibnu hajar al-asqolani telah mengumpulkan hadits-hadits tentang keutamaannya dan membahasnya panjang lebar dalam kitab tersendiri yang beliau beri nama “tabyinul ‘ujub bima waroda fi fadhli rojab”, kami anjurkan untuk menyimaknya dan mengambil faidah darinya.

Sholat rojab
     Sholat rojab banyak macamnya, yang paling masyhur adalah yang dilakukan pada malam jum’at pertama yang disebut dengan sholat rogho’ib, hal tersebut sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah riwayat berikut;
روي عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي، قيل يا رسول الله ما معنى قولك شهر الله؟ قال: لأنه مخصوص بالمغفرة، وفيه تحقن الدماء، وفيه باب الله تعالى على أنبيائه، وفيه أنقذ أولياءه من يد أعدائه، ومن صامه استوجب على الله تعالى ثلاثة أشياء: مغفرة لجميع ما سلف نت ذنوبه، وعصمة فيما بقي من عمره، وأما الثالث فيأمن العطش يوم العرض الأكبر، فقام شيخ ضعيف فقال: يا رسول الله إني أعجز عن صيامه كله، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صم أول يوم منه وأوسطه يوم فيه وآخر يوم منه، فإنك تعطى ثواب من صامه كله، فإن الحسنة بعشر أمثالها، ولكن لا تغفلوا عن أول ليلة جمعة في رجب، فإنها ليلة تسميها ليلة الرغائب، وذلك أنه إذا مضى ثلث الليل لا يبقى ملك في جميع السموات والأرضين إلا ويجتمعون في الكعبة وحواليها، فيطلع الله تعالى عليهم اطلاعة فيقول: ملائكتي سلوني ما شئتم، فيقولون: ربنا حاجتنا أن تغفر لصوّام رجب، فيقول الله تعالى: قد فعلت ذلك، ثم قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فما من أحد يصوم يوم الخميس أول خميس في رجب، ثم يصلى فيما بين المغرب والعشاء العتمة يعني ليلة الجمعة اثنتى عشرة ركعة، يقرأ في كل ركعة بفاتحة الكتاب مرة، وإنا أنزلناه في ليلة القدر ثلاث مرات، وقل هو الله أحد اثنتى عشرة مرة، يفصل بين كل ركعتين بتسليمة، فإذا فرغ من صلاته صلى عليّ سبعين مرة يقول: اللهم صلّ على محمد النبيّ الأميّ وعلى آله وسلم، ثم يسجد سجدة يقول في سجوده: سبوح قدوس ربّ الملائكة والروح سبعين مرة، ثم يسجد الثانية فيقول فيها مثل ما قال في السجدة الأولى، ثم يسأل الله حاجته في سجوده، فإنها تقضى؛ والذي نفسي بيده ما من عبد ولا أمة صلى هذه الصلاة إلا غفر الله له جميع ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر وعدد الرمل ووزن الجبال، وعدد قطر الأمطار وورق الأشجار، وشفع يوم القيامة في سبعمائة من أهل بيته، فإذا كان أول ليلة في قبره جاءه ثواب هذه الصلاة بوجه طلق ولسان ذلق، فيقول له: يا حبيبي أبشر فقد نجوت من كل شدة، فيقول من أنت؟، فو الله ما رأيت رجلا أحسن وجها من وجهك ولا سمعت كلاما أحلى من كلامك، ولا شممت رائحة أطيب من رائحتك فيقول له: يا حبيبتي أنا ثواب تلك الصلاة التي في ليلة كذا في شهر كذا في سنة كذا، جئت الليلة لأقضى حاجتك وأونس وحدتك وأدفع عنك وحشتك، فإذا نفخ في الصور أظللتك في عرصات القيامة على رأسك، فأبشر فلن تعدم الخير من مولاك أبدا. رواه ابن الجوزي في الموضوعات، وقال العراقي: أورده رزين في كتابه وهو حديث موضوع.
Dalam riwayat diatas dijelaskan bahwa sholat tersebut dilakukan pada waktu setelah sholat maghrib, sebanyak dua belas roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah, kemudian alqodar tiga kali dan al-ikhlash dua belas kali, setiap dua roka’atnya melakukan salam, setelah selesai kemudian membaca sholawat tujuh puluh kali dan melakukan sujud sebanyak dua kali.
Sedang albaihaqi dalam syu’ab-nya meriwayatkan bahwa sholat tersebut dilakukan sebanyak dua belas roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah dan satu surat dari alqur’an, setiap dua roka’atnya melaksanakan tasyahhud dan salam, kemudian setelah selesai sholat membaca tasbih seratus kali, istighfar seratus kali, sholawat seratus kali dan ditutup dengan do’a, kemudian paginya berpuasa.
Abu syamah mengatakan: Sholat tersebut disebut rogho’ib (harapan) karena persangkaan pengamalnya atas pahala yang akan didapat, disebut juga dengan alfiyah (ribuan) karena pada waktu sholat tersebut membaca surat ikhlash sebanyak seribu kali.
     Ibnul jauzi dalam almaudhu’at-nya juga menyebutkan sholat rojab dalam bentuk lain, yaitu dilaksanakan dengan tiga puluh roka’at, setiap roka’atnya membaca alfatihah, alikhlash tiga kali dan alkafirun tiga kali. Tiga puluh roka’at ini dibagi tiga, sepuluh rokaat dilaksanakan diawal bulan, sepuluh rokaat ditengah bulan dan sepuluh rokaat diakhir bulan.
Sedang lainnya diriwayatkan dari ibnu ‘abbas, bahwa beliau pada tanggal dua puluh tujuh, setelah sholat dzuhur, melaksanakan sholat empat dan setiap rokaatnya membaca alfatihah sekali, alfalaq dan annas sekali-sekali, alqodr tiga kali, dan alikhlash lima puluh kali.
     Mayoritas ahli hadits me-maudhu’-kan seluruh riwayat-riwayat tentang sholat rojab dan menetapkannya sebagai bid’ah yang munkar, hal ini dijelaskan oleh ath-thurthusi dari kalangan madzhab maliki dalam kitabnya alhawadits wal bida’, ibnul jauzi dalam almaudhu’at dan ibnu taimiyyah dalam fatawa-nya dari kalangan hanabilah, ibnush sholah dan ibnu ‘abdus salam dalam kedua fatawa mereka, abu syamah dalam alba’its, annawawi dalam majmu’-nya, assubki dalam taqyidut tarojih dan mayoritas generasi akhir dari kalangan ashhab kita syafi’iyyah dalam kebanyakan kitab mereka, juga alburhan alhalabi dalam syarh almuniyyah dari kalangan ahnaf, dan masih banyak lagi lainnya. Ath-thurthusi menceritakan dari abu Muhammad almaqdisi yang mengatakan: Hal tersebut kami lakukan pertama kali di baitul maqdis pada tahun empat ratus delapan puluh.

Puasa rojab
     Sedang yang disyari’atkan dalam bulan rojab tersebut adalah puasa, karena rojab merupakan bulan-bulan yang dimuliakan/asyhurul hurum atau juga yang diharomkan berperang didalamnya sebagaimana telah kami katakan bahwa larangan ini telah dilakukan oleh orang-orang semenjak dimasa jahiliyah.
روي عن مُجيبة الباهلية عن أبيها - أو عمها -: أنه أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم انطلق فأتاه بعد سنة وقد تغيَّرت حاله وهيئته، فقال: يا رسول الله أما تَعرفُني؟ قال: ومن أنت؟ قال: أنا الباهليّ الذي جئتك عامَ الأول، قال: فما غيَّر، وقد كنتَ حسنَ الهيئة؟ قلت: ما أكلتُ طعاما منذ فارقتك إلا بليل! فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لِمَ عذَّبت نفسك؟ ثم قال: صم شهر الصبر ويوما من كل شهر، قال: زدني فإن بي قوة، قال: صم يومين، قال: زدني، قال: صم ثلاثة أيام، قال: زدني، قال: صم من الحُرم واترك، صم من الحرم واترك، صم من الحرم واترك، وقال بأصابعه الثلاثة فضمها ثم أرسلها. رواه أبو داود وابن ماجة بإسناد ضعيف
Artinya: Diriwayatkan dari mujibah albahiliyah, dari bapaknya atau pamannya, bahwa suatu ketika dia mendatangi Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam kemudian pergi, setelah setahun berlalu dia mendatangi Beliau lagi dengan keadaan yang telah berubah, kemudian dia bertanya: wahai Rosulalloh, apakah engkau mengenalku? Rosululloh balek bertanya: siapa engkau? Dia menjawab: aku adalah albahili yang pernah menemui-Mu setahun yang lalu, Rosululloh bertanya: kenapa engkau berubah, engkau dulu bagus? Dia menjawab: semenjak berpisah dengan-Mu, aku tidak memakan makanan selain pada malam hari! Kemudian Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam bertanya lagi: kenapa engkau menyiksa dirimu? Kemudian Beliau berkata: berpuasalah pada bulan kesabaran dan dua hari pada tiap bulannya, dia berkata: tambahkanlah, sesungguhnya aku masih kuat, Beliau menjawab: puasalah dua hari, dia berkata: tambahkanlah, Beliau menjawab: puasalah tiga hari, dia berkata: tambahkanlah, beliau menjawab: puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan tinggalkanlah, puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan tinggalkanlah, puasalah pada bulan-bulan yang dimuliakan dan tinggalkanlah, Beliau berkata dengan (menunjukkan) tiga dari jarinya, kemudian menggenggamnya, baru kemudian melepaskannya. HR. Abu dawud dan ibnu majah dengan sanad dho’if.
Hadits ini adalah dho’if, akan tetapi para ashhab syaf’iyyah menganjurkannya untuk diamalkan sebagai sebuah keutamaan, juga dikuatkan dengan riwayat-riwayat lain yang bersifat khusus.
Bulan-bulan yang dimuliakan tersebut adalah dzulqo’dah, dzulhijjah, muharrom dan rojab,
روي عن أبي بكرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: أربعةٌ حُرمٌ: ثلاثة متواليات - ذو القعدة وذو الحجّة والمحرّم - ورجب مُضرّ، الذي بين جمادى وشعبان. رواه البخاري
Artinya: Diriwayatkan dari abu bakroh, dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, Beliau bersabda: Empat yang dimuliakan; tiga berturut-turut, yaitu dzulqo’dah, dzulhijjah dan muharrom,  (kemudian) rojabnya (bani) mudhor, yaitu (bulan) diantara jumada dan sya’ban. HR. Bukhori
Maksud rojabnya mudhor, karena bani mudhor lebih memuliakan bulan rojab dibanding suku-suku lainnya.
Menuru abul mahasin arroyani dalam albahr bahwa yang lebih utama adalah rojab, akan tetapi ini dibantah oleh annawawi bahwa menurut beliau yang paling utama adalah muharrom baru kemudian rojab, sebagaimana dijelaskan dalam hadits shohih;
روي عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرّم. رواه مسلم.
Artinya: Diriwayatkan dari abu huroiroh, dia berkata: Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: Puasa yang paling utama setelah romadhon adalah bulan Alloh yaitu muharrom. HR. Muslim
     Adapun riwayat-riwayat yang khusus berisi anjuran untuk puasa rojab, semuanya adalah lemah, diantaranya;
روي عن أبي هريرة: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يصم بعد رمضان إلا رجب وشعبان. رواه البيهقي في شعبه وضعفه
Artinya: Diriwayatkan dari abu huroiroh: Sesungguhnya Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam setelah romadhon tidak berpuasa kecuali pada bulan rojab dan sya’ban. HR. Albaihaqi dalam syu’abnya dan didho’ifkannya.
Selebihnya lagi adalah hadits-hadits munkar dalam periwayatannya, para perowinya majhul dan dho’if, begitu pula larangan akan puasa rojab, yaitu;
روي عن ابن عباس: أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن صيام رجب. رواه ابن ماجة بإسناد ضعيف.
Artinya: Diriwayatkan dari ibnu ‘abbas bahwa Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam melarang puasa rojab. HR. Ibnu majah dengan sanad dho’if.
Dan diriwayatkan dari abu bakr, ‘umar dan anaknya abdulloh, mereka tidak menyukai puasa rojab karena itu merupakan pengagungan orang jahiliah terhadap bulan rojab, akan tetapi asysyaukani membantah riwayat tersebut dengan mengatakan: Tidak ada dalil yang menunjukkan atas kemakruhannya sehingga ada dalil yang mengkhususkannya.
     Ketika melaksanakan puasa rojab, tidak ada hari-hari yang ditentukan, apakah sedikit ataukah banyak, kalaulah banyak maka itu lebih utama. Diriwayatkan dari ‘umar, ibnu ‘umar dan ibnu ‘abbas, bahwa mereka tidak menyukai melaksanakan puasa selama sebulan penuh, dan iki dikatakan oleh ahmad, hal tersebut sebagaimana dalam sebuah riwayat;
روي عن عثمان ابن حكيم، قال: سألت سعيد بن جبير عن صيام رجب، فقال: أخبرني ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصوم حتى نقول لا يُفطر، ويفطر حتى نقول لا يصوم. رواه مسلم، ورواه البخاري بغير لفظ السؤال.
Artinya: Diriwayatkan dari utsman bin hakim, dia berkata: aku bertanya kepada sa’id bin jubair tentang puasa rojab, kemudian dia menjawab: ibnu ‘abbas telah mengkhabarkan kepadaku bahwa Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam melaksanakan puasa sehingga kami katakan (bahwa) Beliau tidak berbuka, dan Beliau berbuka sehingga kami katakan (bahwa) Beliau tidak berpuasa. HR. Bukhori-Muslim, ini lafadznya Muslim.
Adapun riwayat-riwayat yang menjelaskan keutamaan dari tiap harinya dari bulan rojab adalah semuanya palsu, seperti;
روي عن أنس يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن في الجنة نهرا يقال له رجب أشد بياضا من اللبن وأحلى من العسل، من صام من رجب يوما سقاه الله من ذلك النهر.
وعنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من صام يوما من رجب كان كصيام سنة ومن صام سبعة أيام غلقت عنه سبعة أبواب جهنم ......
albaihaqi mengatakan dari imam ahmad: Aku mempunyai hadit lain yang menjelaskan tiap harinya dari bulan rojab, dan haditsnya adalah maudhu’, karena itu aku tidak meriwayatkannya.

Demikian, wallohu a’lam.