Ibnu suraij
Beliau adalah abul ‘abbas ahmad bin ‘umar
bin suraij albaghdadi, lahir dan meninggal di Baghdad.
Beliau mendalami fikih syafi’i kepada abul
qosim al-Anmathi, al-anmathi dari almuzani, almuzani merupakan murid langsung
dari imam asy-Syafi’i. Al-anmathi belajar langsung kepada almuzani di mesir,
kemudian beliau adalah orang pertama yang mengajarkan ilmu almuzani di Baghdad.
Ibnu suraij adalah seorang yang sangat faqih sehingga beliau mendapat
kepercayaan memimpin kajian syafi’iyyah di Baghdad sepeninggal al-anmathi.
Selain kepada al-anmathi, beliau juga mendengar kajian dari azza'faroni yang
merupakan murid langsung dari asy-syafi’i.
Syeikh abu ishaq mengatakan: keutamaan
Beliau melebihi semua ashhab syafi’i bahkan atas almuzani. Bahkan banyak ulama
yang memuji beliau dengan menyebut beliau sebagai mujaddid di abad ketiga
hijriyah,
Atas
kelebihan itu semua beliau dijuluki dengan Syafi’i junior dan Syafi’i kedua,
juga beliau mendapatkan kepercayaan menjadi qodhi di kota syiraj.
Diantara
murid beliau adalah abu ishaq almarwazi, dimana beliau adalah yang meneruskan
memimpin kajian di Baghdad sepeninggal ibnu suraij, ibnul qoshi, ibnu abi
huroiroh, alqoffal asysyasyi dan lainnya yang banyak sekali.
Tentang keyakinan beliau, sebagaimana yang
jelaskan oleh dhiya’ alkhothib bahwa pemahaman aqidah beliau tidak terikat
sebagaimana beberapa ashhab lainnya.
Beliau berkata ketika membantah ilmu kalam:
Sangat sedikit sekali aku melihat dari seseorang yang mendalam ilmu agamanya
yang kemudian dia menyibukkan diri dengan ilmu kalam lantas dia bisa
mendapatkan keuntungan darinya, melainkan ilmu kalam tersebut hanya akan
menghilangkan sedikit demi sedikit kedalaman ilmunya serta dia tidak akan
sukses dalam mengenal ilmu kalam tersebut.
Beliau
juga berkata: Tauhidnya kelompok yang bathil yaitu dengan menyibukkan diri
dalam istilah jawahir dan a’rodl (istilah dalam ilmu kalam yang dibuat oleh
orang Kristen), akan tetapi Nabi Shollallohu ‘alaih di utus untuk
mengingkari hal tersebut.
Ketika beliau ditanya tentang sifat-sifat
Alloh, beliau menjawab dengan menyebutkan semua sifat-sifat tersebut
sebagaimana yang telah disebutkan oleh Alloh sendiri dalam alqur’an juga
sifat-sifat yang dikhabarkan oleh Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam,
dengan tanpa menambah-nambahinya, beliau mengatakan: Harom bagi akal membuat
perumpamaan, membuat persepsi, membuat keputusan dengan persangkaan,
menyelaminya, memikirkannya, berlogika, dan membuat kesimpulan, selain apa yang
telah Alloh buat atas diriNya sendiri dan dari lisan RosulNya Shollallohu
‘alaihi wasallam.
Beliau
mengatakan lagi: Wajib atas diri setiap muslim mu’min yang meyakini beriman
atas setiap yang disampaikan, bersikap untuk menyerahkan semuanya kepada Alloh,
bertanya tentang artinya adalah bid’ah dan menjawab dari sebuah pertanyaan
adalah kufur dan zindiq.
Termasuk pula beliau menyebutkan
sifat-sifat yang mutasyabihat atau mengandung unsur penyerupaan kepada makhluk
seperti tangan dan turun. Kemudian beliau menjelaskan: Kami menerima
sifat-sifat mutasyabihat tersebut dan tidak menolaknya, tidak menta’wilkannya
sebagaimana ta’wilan orang-orang yang menyimpang, tidak menyerupakannya
sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang musyabbihat, tidak menambahinya
maupun menguranginya, tidak mentafsirkannya, tidak mempertanyakannya, tidak
menterjemahkannya dengan selain bahasa arob, tidak mengisyaratkannya dengan
perasaan, tidak pula dengan gerak fisik, akan tetapi memutlakkannya sebagaimana
yang telah Alloh mutlakkan sendiri.
Kemudian beliau menolak ta’wilan yang
dilakukan oleh orang-orang mu’tazilah, asy’ariyah, jahmiyah,
mulhidah,mujassimah, musyabbih, karromiyah dan mukayyifah. Terkhusus
asy’ariyah, beliau adalah guru dari abul hasan al’asy’ari yang merupakan
pendiri madzhab asy’ariyah, beliau banyak membantah pandangan abul hasan,
dimana beliau telah sepuh sedang abul hasan masih muda, hingga akhirnya abul
hasan mengikuti majlis beliau, juga ashhab syafi’i lainnya seperti syeikh abu
ishaq dan alqoffal asy-syasyi.
Pandangan-pandangan ibnu suraij diatas
banyak dinukil oleh para ulama’, diantaranya oleh adz-dzahabi didalam hampir
semua kitab-kitabnya seperti al’arsy, al’uluw, siyar, almizan, al-arba’in,
attadzkiroh dan lain-lainnya.
Wallohul
musta’an.