Para Ulama' Syafi'iyyah yang mengikuti madzhab Salaf dalam Aqidahnya (Ibnu Suraij)

Ibnu suraij
     Beliau adalah abul ‘abbas ahmad bin ‘umar bin suraij albaghdadi, lahir dan meninggal di Baghdad.
     Beliau mendalami fikih syafi’i kepada abul qosim al-Anmathi, al-anmathi dari almuzani, almuzani merupakan murid langsung dari imam asy-Syafi’i. Al-anmathi belajar langsung kepada almuzani di mesir, kemudian beliau adalah orang pertama yang mengajarkan ilmu almuzani di Baghdad. Ibnu suraij adalah seorang yang sangat faqih sehingga beliau mendapat kepercayaan memimpin kajian syafi’iyyah di Baghdad sepeninggal al-anmathi. Selain kepada al-anmathi, beliau juga mendengar kajian dari azza'faroni yang merupakan murid langsung dari asy-syafi’i.
     Syeikh abu ishaq mengatakan: keutamaan Beliau melebihi semua ashhab syafi’i bahkan atas almuzani. Bahkan banyak ulama yang memuji beliau dengan menyebut beliau sebagai mujaddid di abad ketiga hijriyah,
Atas kelebihan itu semua beliau dijuluki dengan Syafi’i junior dan Syafi’i kedua, juga beliau mendapatkan kepercayaan menjadi qodhi di kota syiraj.
     Diantara murid beliau adalah abu ishaq almarwazi, dimana beliau adalah yang meneruskan memimpin kajian di Baghdad sepeninggal ibnu suraij, ibnul qoshi, ibnu abi huroiroh, alqoffal asysyasyi dan lainnya yang banyak sekali.
     Tentang keyakinan beliau, sebagaimana yang jelaskan oleh dhiya’ alkhothib bahwa pemahaman aqidah beliau tidak terikat sebagaimana beberapa ashhab lainnya.
     Beliau berkata ketika membantah ilmu kalam: Sangat sedikit sekali aku melihat dari seseorang yang mendalam ilmu agamanya yang kemudian dia menyibukkan diri dengan ilmu kalam lantas dia bisa mendapatkan keuntungan darinya, melainkan ilmu kalam tersebut hanya akan menghilangkan sedikit demi sedikit kedalaman ilmunya serta dia tidak akan sukses dalam mengenal ilmu kalam tersebut.
Beliau juga berkata: Tauhidnya kelompok yang bathil yaitu dengan menyibukkan diri dalam istilah jawahir dan a’rodl (istilah dalam ilmu kalam yang dibuat oleh orang Kristen), akan tetapi Nabi Shollallohu ‘alaih di utus untuk mengingkari hal tersebut.
     Ketika beliau ditanya tentang sifat-sifat Alloh, beliau menjawab dengan menyebutkan semua sifat-sifat tersebut sebagaimana yang telah disebutkan oleh Alloh sendiri dalam alqur’an juga sifat-sifat yang dikhabarkan oleh Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam, dengan tanpa menambah-nambahinya, beliau mengatakan: Harom bagi akal membuat perumpamaan, membuat persepsi, membuat keputusan dengan persangkaan, menyelaminya, memikirkannya, berlogika, dan membuat kesimpulan, selain apa yang telah Alloh buat atas diriNya sendiri dan dari lisan RosulNya Shollallohu ‘alaihi wasallam.
Beliau mengatakan lagi: Wajib atas diri setiap muslim mu’min yang meyakini beriman atas setiap yang disampaikan, bersikap untuk menyerahkan semuanya kepada Alloh, bertanya tentang artinya adalah bid’ah dan menjawab dari sebuah pertanyaan adalah kufur dan zindiq.
     Termasuk pula beliau menyebutkan sifat-sifat yang mutasyabihat atau mengandung unsur penyerupaan kepada makhluk seperti tangan dan turun. Kemudian beliau menjelaskan: Kami menerima sifat-sifat mutasyabihat tersebut dan tidak menolaknya, tidak menta’wilkannya sebagaimana ta’wilan orang-orang yang menyimpang, tidak menyerupakannya sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang musyabbihat, tidak menambahinya maupun menguranginya, tidak mentafsirkannya, tidak mempertanyakannya, tidak menterjemahkannya dengan selain bahasa arob, tidak mengisyaratkannya dengan perasaan, tidak pula dengan gerak fisik, akan tetapi memutlakkannya sebagaimana yang telah Alloh mutlakkan sendiri.
     Kemudian beliau menolak ta’wilan yang dilakukan oleh orang-orang mu’tazilah, asy’ariyah, jahmiyah, mulhidah,mujassimah, musyabbih, karromiyah dan mukayyifah. Terkhusus asy’ariyah, beliau adalah guru dari abul hasan al’asy’ari yang merupakan pendiri madzhab asy’ariyah, beliau banyak membantah pandangan abul hasan, dimana beliau telah sepuh sedang abul hasan masih muda, hingga akhirnya abul hasan mengikuti majlis beliau, juga ashhab syafi’i lainnya seperti syeikh abu ishaq dan alqoffal asy-syasyi.
     Pandangan-pandangan ibnu suraij diatas banyak dinukil oleh para ulama’, diantaranya oleh adz-dzahabi didalam hampir semua kitab-kitabnya seperti al’arsy, al’uluw, siyar, almizan, al-arba’in, attadzkiroh dan lain-lainnya.
Wallohul musta’an.