Para Ulama' Syafi'iyyah yang mengikuti madzhab Salaf dalam Aqidahnya (Ibnu khuzaimah)



Ibnu khuzaimah

     Beliau belajar fiqih syafi’i dari al-muzani dan ar-robi’, dan mengambil hadits dari ishaq bin rohawaih. Baginya kitab shohih ibnu khuzaimah, juga kitab tauhid yang didalamnya beliau menetapkan sifat-sifat yang mengandung tasybih, beliau mengatakan tentang sebab menulis kitab tauhid tersebut karena dilandasi atas keprihatinan beliau dimana banyak orang menyibukkan dirinya terhadap ilmu kalam, bahkan ada yang sampai mengeluarkan mereka dari islam karena meng-kufuri sifat-sifat Alloh, beliau mengatakan dalam kitabnya tersebut: kami dan semua ‘ulama kita, dari hijaz, tihamah, yaman, ‘irak, syam dan mesir, madzhab kita adalah kita menetapkan bagi Alloh sebagaimana yang Dia telah tetapkan atas diriNya, kita ikrarkan hal tersebut dengan lisan kita dan kita benarkan dengan hati kita, dengan tanpa menyerupakan wajah pencipta kita dengan wajah seorang pun dari makhluq. Beliau mengatakan: kami mengatakan dan membenarkan dengan apa yang ada dalam hadits-hadits ini, yaitu tentang penyebutan turunnya Alloh, dengan tanpa memaksakan diri mengatakan tentang sifatNya atau mempertanyakan sifat tersebut, karena Nabi j tidak menjelaskan kepada kita bagaimana turunNya tersebut. Beliu berkata: dan ketahuilah, dengan memohon pertolongan dari Alloh, bahwa madzhab yang haq, benar dan pertengahan dalam kaitannya tentang hal ini adalah madzhab ahli atsar (riwayat shahabat) dan pengikut sunnah, dan waspadailah kebodohan orang-orang yang menyebut mereka (ahli atsar dan pengikut sunnah) sebagai musyabbihah, karena orang-orang jahmiyyah yang menolak sifat-sifat Alloh, mereka bodoh tentang masalah tasybih.
Al-fakhrur rozi, seorang pembesar ahli kalam dari golongan asya’iroh, sangat tidak menyukai perkataan-perkataan ibnu khuzaimah dalam kitab tauhid-nya tersebut, dengan mengatakan dalam tafsirnya “mafatihul gho’ib”: bahwa muhammad bin ishaq bin khuzaimah telah menyampaikan tentang pengambilan dalil ashhab kita dengan ayat ini (asy-syuro:11) dalam kitabnya yang dia namakan dengan “at-tauhid”, sebenarnya ia merupakan kitab syirik, aku telah menelitinya dan aku katakan tentang kesimpulan dari ucapannya, setelah dibuang perkatannya yang bertele-tele, bahwa dia seorang laki-laki yang tidak jelas ucapannya, sedikit pemahamannya dan kurang akalnya. Beliau berkata lagi: aku katakan, orang miskin dan bodoh ini, sungguh dia telah terjatuh dalam perumpamaan-perumpamaan cerita-cerita bohong ini.
Subhanalloh!! Sungguh keji tuduhan ar-rozi ini, bahwa menetapkan sifat-sifat tersebut menjadikan pelakunya telah menyerupakan Alloh dengan makhluqNya dan barang siapa menyerupakan Alloh dengan makhluqnya berarti dia telah syirik?!
Tapi alhamdulillah, beliau telah mengakui atas kesalahan tuduhan ini, bahkan dalam kitabnya “i’tiqod firoqul muslimin wal musyrikin” beliau membela keyakinan ahmad bin hambal dan para shahabatnya, yang menetapkan sifat-sifat mutasyabihat kepada Alloh, dengan mengatakan: ketahuilah bahwa sekelompok orang dari mu’tazilah telah menisbatkan tasybih kepada imam ahmad bin hambal, ishaq bin rohawaih dan yahya bin ma’in, ini adalah suatu kesalahan. Sesungguhnya i’tiqod mereka bersih dari tasybih dan ta’thil, cuma mereka tidak berkomentar tentang mutasyabihat, mereka mengatakan: kami beriman dan membenarkan disertai dengan keyakinan bahwa Alloh tidak ada yang serupa dengan Nya dan tidak ada sesuatu pun yang menyamai Nya. Sudah maklum bahwa keyakinan seperti ini jauh sekali dari tasybih.
Disebutkan dalam tarikh naisabur bahwa terjadi perselisihan hebat antara ibnu khuzaimah dan para murid-muridnya seperti abu ‘ali ats-tsaqofi, ash-shobghi, ibnu abi utsman dan abu muhammad al-qodhi, karena mereka mengikuti ilmu kalamnya ibnu kullab.
Perselisihan tersebut diawali ketika terjadi perdebatan diantara sebagian mereka yang lain tentang persoalan kalam Alloh, apakah ke-qodim-annya bersifat terus ataukah tetap? Kemudian disampaikan kepada ats-tsaqofi lantas dijawab oleh beliau: barang siapa mengingkari bahwa ke-qodim-an kalam Alloh itu menerus (maksudnya tidak ber-bicara lagi) berarti dia telah berkeyakinan bahwa kalam Alloh adalah baru.
Kemudian permasalahan ini tersebar diseantero negeri hingga didengar oleh ibnu khuzaimah dan beliau akhirnya mengumpulkan murid-muridnya dan mengatakan: Tidakkah aku telah melarang kalian berulang kali untuk tidak menggeluti ilmu kalam? Dan beliau berkata kepada ats-tsaqofi dan para sahabatnya: Kecondongan kalian kepada aliran kullabiyyah (pengikut ibnu kullab), maka sungguh ahmad bin hambal adalah diantara orang yang sangat keras kepada abdulloh bin sa’id (ibnu kullab) dan para sahabatnya seperti al-harits (al-muhasibi) dan lainnya.
Penulis tarikh naisabur, al-hakim, meriwayatkan dari abi sa’id al-muqri tentang keyakinan ibnu khuzaimah dalam masalah kalam Alloh:
إن القرآن كلام الله ووحيه وتنزيله غير مخلوق ؛ ومن قال : إن القرآن أو شيئا منه وعن وحيه وتنزيله مخلوق . أو يقول : إن الله لا يتكلم بعد ما كان تكلم به في الأزل أو يقول : إن أفعال الله مخلوقة ؛ أو يقول : إن القرآن محدث ؛ أو يقول : إن شيئا من صفات الله صفات الذات أو اسما من أسماء الله مخلوق : فهو عندي جهمي يستتاب ؛ فإن تاب وإلا ضربت عنقه وألقي على بعض المزابل ؛ هذا مذهبي ومذهب من رأيت من أهل الأثر في الشرق والغرب من أهل العلم .
Ibnu khuzaimah berkata: Barang siapa mengisahkan dari ku yang berbeda dengan ini, maka dia adalah seorang pembohong.
Kemudian al-hakim mencantumkan sebuah naskah yang berisi tulisan ibnu khuzaimah dan dalam pemasalahan kalam Alloh ini sesuai dengan apa yang dipahami oleh ibnu kullab, tulisan tersebut adalah:
كلام الله صفة من صفات ذاته ؛ ليس شيء من كلام الله خلق ولا مخلوق ولا فعل ولا مفعول ولا محدث ولا حدث ولا أحداث ؛ فمن زعم أن شيئا منه مخلوق أو محدث ؛ أو زعم أن الكلام من صفة الفعل ؛ فهو جهمي ضال مبتدع . وأقول : لم يزل الله متكلما ولا يزال متكلما والكلام له صفة ذات لا مثل لكلامه من كلام خلقه ولا نفاد لكلامه لم يزل ربنا بكلامه وعلمه وقدرته وصفات ذاته واحدا ؛ لم يزل ولا يزال . كلم ربنا أنبياءه وكلم موسى ، والله الذي قال له : { إنني أنا الله لا إله إلا أنا فاعبدني } ويكلم أولياءه يوم القيامة ويحييهم بالسلام ؛ قولا في دار عدنه وينادي عباده فيقول : { ماذا أجبتم المرسلين } ويقول : { لمن الملك اليوم لله الواحد القهار } . ويكلم أهل النار بالتوبيخ والعقاب ويقول لهم : { اخسئوا فيها ولا تكلمون } . ويخلو الجبار بكل أحد من خلقه فيكلمه ؛ ليس بينه وبين أحد منهم ترجمان كما قال النبي صلى الله عليه وسلم { ويكلم ربنا جهنم فيقول لها : هل امتلأت ؟ وينطقها فتقول : هل من مزيد } . فمن زعم أن الله لم يتكلم إلا مرة ولم يتكلم إلا ما تكلم به ؛ ثم انقضى كلامه كفر بالله ؛ بل لم يزل الله متكلما ولا يزال متكلما لا مثل لكلامه ؛ لأنه صفة من صفات ذاته نفى الله المثل عن كلامه كما نفى المثل عن نفسه ونفى النفاد عن كلامه كما نفى الهلاك عن نفسه فقال : { كل شيء هالك إلا وجهه } وقال : { قل لو كان البحر مدادا لكلمات ربي لنفد البحر قبل أن تنفد كلمات ربي } . كلام الله غير بائن عن الله . ليس هو دونه ولا غيره ولا هو ؛ بل هو صفة من صفات ذاته كعلمه الذي هو صفة من صفات ذاته لم يزل ربنا عالما ولا يزال عالما ولم يزل متكلما ولا يزال يتكلم ؛ فهو الموصوف بالصفات العلى ؛ لم يزل بجميع صفاته التي هي صفات ذاته واحدا ولا يزال : { وهو اللطيف الخبير } . كلم موسى فقال له : { إني أنا ربك } فمن زعم أن غير الله كلمه كفر بالله . فإن الله ينزل كل ليلة إلى سماء الدنيا فيقول : هل من داع فأجيبه ؟ هل من تائب فأتوب عليه ؟ فمن زعم أن علمه ينزل أو أمره ضل بل ينزل إلى سماء الدنيا : المعبود سبحانه الذي يقال له : يا رحمن يا رحيم فيكلم عباده بلا كيف { الرحمن على العرش استوى } بلا كيف لا كما قالت الجهمية إنه على الملك احتوى ولا استولى ؛ بل استوى على عرشه بلا كيف وهو الله الذي له الأسماء الحسنى فمن زعم أن اسما من أسمائه مخلوق أو محدث فهو جهمي والله يخاطب عباده عودا وبدءا ويعيد عليهم قصصه وأمره ونهيه قرنا فقرنا من زعم أن الله لا يخاطب عباده ولا يعيد عليهم قصصه وأمره ونهيه عودا وبدءا : فهو ضال مبتدع بل الله بجميع صفات ذاته واحد لم يزل ولا يزال وما أضيف إلى الله من صفات فعله مما هو غير بائن عن الله فغير مخلوق وكل شيء أضيف إلى الله بائن عنه دونه مخلوق . وأقول : أفعال العباد كلها مخلوقة ؛ وأقول : الإيمان قول وعمل يزيد وينقص ؛ وخير الناس بعد الرسول صلى الله عليه وسلم أبو بكر ثم عمر ثم عثمان ثم علي . وأقول : إن أهل الكبائر في مشيئة الله إذا ماتوا إن شاء عذبهم ثم غفر لهم وإن شاء غفر لهم من غير تعذيب . وأخبار الآحاد مقبولة إذا نقلها العدول وهي توجب العمل وأخبار التواطؤ توجب العلم والعمل .
Karena hal tersebutlah al-baghdadi dalam kitab ushuluddin-nya mengatakan: Ibnu khuzaimah adalah imam dalam fikih dan hadits, bersamaan itu pula beliau sangat memusuhi para ahli kalam, kemudian beliau kembali mencocoki mereka. Sedang al-baihaqi mengatakan dalam al-asma’ wash shifat: muhammad bin ishaq (ibnu khuzaimah) telah kembali ke jalan salaf (maksudnya salaf yang dipahami al-baihaqi) dan beliu merasa menyesal atas apa yang telah beliau katakan.
Wallohu a’lam benar tidak nya klaim diatas, menurut al-hakim tulisan dalam naskah diatas bukan murni ungkapan ibnu khuzaimah, akan tetapi juga merupakan ungkapan dari yahya bin manshur, sedang abu utsman ash-shobuni menjelaskan bahwa ats-tsaqofi dan ash-shobghi takala menziarahi kubur ibnu khuzaimah mereka meminta ma’af kepada beliau dan bertobat disana.
Terlepas dari itu semua akan, adz-dzahabi meminta untuk tetap berhati-hati dengan kitab tauhid-nya ibnu khuzaimah, sebagaimana yang beliau katakan dalam siyar-nya: Ungkapan-ungkapan ibnu khuzaimah ini (dalam kitab tauhid-nya), meskipun merupakan yang haq akan tetapi masih mentah, sehingga banyak dari para ulama’ generasi akhir yang tidak bisa menguasainya. Begitu pula al-busyanji mengatakan: Orang-orang merasa kesulitan dengan apa yang telah dijelaskan oleh abu bakr (ibnu khuzaimah). Semisal dalam permasalahan kalam Alloh beliau mengatakan:
أن كلام ربنا عز وجل لا يشبه كلام المخلوقين، لأن كلام الله كلام متواصل، لا سكت بينه، ولا سمت، لا ككلام الآدميين الذي يكون بين كلامهم سكت وسمت، لانقطاع النفس أو التذاكر أو العي.
Ketika beliau mengatakan tersebut, seolah-olah beliau menggunakan ilmu kalam, juga dalam masalah rupa bagi Alloh beliau menta’wilkannya, wallohu a’lam.


@ oleh: muhammad rouyani bin muzani bin abdurrozzaq aljalawi